Microsoft Semakin Perluas Jangkauan WP

detail berita



CALIFORNIA - Tampaknya Microsoft memiliki rencana untuk memenangkan kembali pangsa pasar setelah kekalahan dari Google dan Apple. Perusahaan itu berencana untuk membawa softare Windows Phone (WP) untuk 23 negara baru dan menempatkan OS tersebut pada smartphone yang harganya lebih murah.

Menurut Terry Myerson, yang mengawasi bisnis WP, Microsoft akan memulai ekspansi dengan membuka toko aplikasi mobile di China, Thailand, Venezula dan 20 negara lainnya pada akhir bulan dan ponsel juga akan tiba di waktu yang sama.

Terlihat jelas bahwa tujuan Microsoft adalah untuk merapatkan barisannya dengan Apple dan membuat pertarungan dengan sang pemimpin pasar OS mobile, yaitu Android. Sementara itu firma riset IDC memperkirakan bagwa Microsoft akan melampaui Apple pada 2015, dan itu bukanlah hal yang mudah.

"Saya berharap bisa menekan sebuah tombol dan mengatakan 'buatlah ini menjadi kenyataan'. Tapi kami punya beberapa strategi pasar untuk sampai ke sana, dan itu bukanlah sebuah pemberian. Kami adalah penantang di pasar yang melawan dua pesaing mapan," ujar Myerson, seeprti dilansir Business Week, Selasa (28/2/2012).

Menurut analis Al Hilwam dari IDC, Google dan Apple tidak terlalu kuat di pasar negara berkembang, dan itu memberikan kesempatan bagi Microsoft. Meski begitu, Microsoft juga harus begerak cepat di negara berkembang, mengingat ponsel Android yang harganya lebih murah memilki peran di sana.

Diluar persaingan para vendor, pasar smartphone memang terlihat semakin menguat.Bahkan IDC memperkirakan penjualan smartphone global akan melebihi 1 miliar pada 2015, dan China akan menjadi pasar tunggal terbesar. (tyo)


Previous
Next Post »