Dampak Banjir Thailand Masih Bikin Was-was Seagate

detail berita
Seagate (Foto: watchchinadaily)
BANGKOK - Seagate Technology mengumumkan bahwa, terhitung mulai hari selasa (31/1), pasokan hardisk drive (HDD) pada tahun ini akan mengalami penyusutan permintaan, akibat dari dampak bencana banjir yang melanda di Thailand beberapa waktu lalu.

Seperti yang dilansir oleh PC World, Kamis (2/2/2012), kekurangan drive HDD pada akhir tahun ini mungkin akan mencapai sekitar 150 juta unit.

Seagate memperkirakan dampak utama dari kekurangan HDD setelah banjir akan dirasakan pada semester pertama tahun ini, dan bahkan berpotensi terus sepanjang tahun. Pertumbuhan pengiriman PC dapat terpengaruhi selama tahun 2012.

Imbasnya dari 47 juta unit perangkat HDD yang diproduksi, terdapat penurunan 4 persen dari kuartal yang sama pada tahun sebelumnya. Namun terdapat kenaikan harga jual rata-rata sebesar USD13 dari kuartal sebelumnya, bahkan biaya unit rata-rata juga meningkat sekitar USD2,50 akibat dari bencana banjir tersebut,

Meskipun pabrik-pabrik perusahaan tidak langsung terkena oleh banjir, namun beberapa komponen 'suppliers' terkena dampaknya, dan sebagian pabrik mengalami kekurangan modal untuk berinvestasi untuk peralatan-peralatan, alat manufaktur, dan fasilitas ruangan yang rusak oleh banjir tersebut.

Steve Luczo selaku CEO Seagate mengatakan, Perusahaan berencana untuk melelang sekitar 200.000 drive (HDD) akhir pekan ini untuk mengukur permintaan, dan memberikan pelanggan sebuah jalur tambahan untuk membeli drive tersebut.

"Seagate berencana untuk melakukan lelang secara berkala", ujar Luczo. (tyo)

sumber : http://techno.okezone.com 
Previous
Next Post »