Tidak Ingin 'Dikekang', AMD Keluarkan Dana USD425 Juta

SAN FRANSISCO - AMD baru-baru ini mengumumkan penyerahan saham bisnis manufaktur kepada GlobalFoundries. Dikabarkan raksasa prosesor itu telah menggelontorkan dana sebesar USD425 juta.

detail berita
GlobalFoundries Inc merupakan perusahaan semiconductor foundry independen terbesar ketiga yang bergerak dalam bisnis manufaktur maupun pabrikasi perangkat elektronik moderen yang berlokasi di California. Sebelumnya GlobalFoundries adalah unit bisnis manufaktur milik AMD dan kini telah berdiri sendiri untuk memproduksi prosesor.

Seperti yang dilansir Crn, Rabu (7/3/2012), AMD mengeluarkan dana tersebut untuk menghindarkan dari pengaturan ekslusivitas yang membatasi produksi prosesor. Dengan adanya kemitraan tersebut, AMD akan mendapatkan keuntungan dalam peningkatan pengiriman chip besutannya.

"Hari ini menandai awal dari era baru untuk GlobalFoundries karena menjadi perusahaan peleburan (foundry) yang benar-benar independen" ujar Ajit Manocha, CEO GlobalFoundries.

Meskipun ini merupakan pengaturan baru, baik AMD maupun GlobalFoundries akan terus bermitra bersama untuk produksi chip di masa depan.

"GlobalFoundries memiliki visi yang jelas untuk menjadi mitra semikonduktor peleburan terkemuka untuk AMD, dan salah satu perusahaan top dunia. Kami melanjutkan untuk melaksanakan strategi kami untuk mendorong investasi jangka panjang ATIC (Advanced Technology Investment Company) ke dalam penciptaan nilai yang benar untuk pemegang saham dan pelanggan." jelasnya.

Sementara itu, GlobalFoundries mengatakan pengiriman prosesor AMD 32-nm meningkat lebih dari 80 persen dari kuartal ketiga ke kuartal keempat dan mengklaim satu-satunya bisnis foundry yang mengirimkan ratusan ribu 32-nm High K Metal Gate wafers di tahun 2011.

Bulan lalu, perusahaan tersebut juga mengumumkan rencana untuk menginvestasikan USD3 miliar untuk untuk memperluas fasilitas di Singapura, Jerman dan New York, bersama kemitraan baru dengan IBM. 
Previous
Next Post »