Gingerbread Tetap Dominasi Smartphone Android


detail berita
Ilustrasi Android Gingerbread (F:Google)
CALIFORNIA - Sebagai sistem operasi (OS) pergerakan Android memang tergolong cepat, meskipun Google sudah berupaya menjaga OS selalu baru dan tetap aman. Di antara enam OS Android untuk smartphone, hanya Gingerbread yang mendominasinya.

Dari enam OS Android yang dikhusukan untuk smartphone, antara lain Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread dan Ice Cream Sandwich, hanya Gingerbread-lah yang banyak digunakan pengguna Android diseluruh dunia.

Seperti dikutip Yahoo News, Senin (5/12/2011), sistem operasi yang memiliki kode 2.3 ini sudah diggunakan sebanyak 50,51 persen, padahal beberapa pekan lalu baru dilaporkan sebanyak 43,9 persen Gingerbread yang terinstal. Produsen ponsel juga mengambil peran penting dari pertumbuhan penggunaan Gingerbread. Sebab beberapa waktu terakhir gempuran ponsel Android, rata-rata keluar dengan OS Android versi 2.3.

Sementara Ice Cream Sandwich yang baru saja meluncur memang masih belum banyak digunakan, karena sampai saat ini baru satu smartphone yang menggunakan Android versi 4.0 ini (Galaxy Nexus) keluar di pasar global. Sedangkan Froyo berada di bawah Gingerbread dengan pangsa 35,3 persen.

Untuk posisi ketiga sampai kelima, masing-masing ditempati oleh Eclair dengan pangsa 9,6 persen, Donut dengan 1,3 persen dan Cupcake dengan 0,8 persen dari total keselururhan pangsa pasar smartphone Android di seluruh dunia.

Terlihat bagaimana lambat laun OS yang lebih dahulu dirilis Google semakin berkurang pangsa pasarnya. Ini dikarenakan setiap update dari OS Android yang keluar di pasar selalu menawarkan pembaruan dan perbaikan dari versi sebelumnya. Tentu hal tersebut yang membuat pengguna akhirnya bergeser untuk meninggalkan OS Android lama ke OS besutan Google yang terbaru.

Tidak menutup kemungkinan beberapa waktu mendatang Froyo dan Gingerbread juga akan mulai kehilangan pangsanya, ketika Ice Cream Sandwich atau OS Android yang lebih baru hadir di pasar global. Apa pun itu yang jelas tahun 2011 adalah masa jaya bagi Gingerbread
Previous
Next Post »