SmartPhone tidak untuk kalangan atas dan elite lagi

Perkembangan industri ponsel saat ini berkembang begitu pesatnya. Ponsel-ponsel pintar atau smartphone beredar dimana-mana bak jamur yang tumbuh di musim hujan. Tidak hanya untuk kalangan atas lagi, ponsel-ponsel pintar ini sudah banyak yang diproduksi dengan harga yang terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah. Hal ini tentu begitu menggembirakan, ponsel-ponsel pintar yang dulunya hanya terjangkau untuk kalangan atas kini merambah ke semua kalangan.
Tak ada lagi satu merek yang mendominasi.
Mungkin kita masih ingat beberapa tahun silam ponsel-ponsel merek Nokia begitu melekat pada masyarakat Indonesia. Dulu masih banyak yang mengatakan “Saya lebih suka membeli HP Nokia yang murah daripada beli HP China”, namun kini ponsel-ponsel lokal yang konon berasal dari ponsel-ponsel China ini telah menyebar luas dan berkembang bagitu pesatnya. Bahkan ponsel-ponsel merek lokal kini banyak disematkan OS (Operating System) Android yang merupakan OS terbasar untuk smartphone saat ini dan tentu saja dijual dengan harga yang murah.
“Blackberry hanya orang kaya saja yang bisa beli?”. BB yang dulunya adalah ponsel mewah kini merambah ke kalangan menegah. Beberapa produk BB kini bisa didapatkan dengan harga kurang dari 2 juta rupiah. Kini semua bisa memiliki smartphone.
Previous
Next Post »