Google Tarik Aplikasi Siri dari Android Market

detail berita
'Siri For Android' (Foto: software2tech)
SAN FRANSISCO – Google dilaporkan telah menarik sebuah aplikasi yang menyamar sebagai Siri dari Android Market. Siri merupakan asisten pribadi virtual, yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple bersamaan dengan kehadiran iPhone 4S.

Langkah ini diambil Goolge, ditengah banjirnya kehadiran Siri wannabe yang ‘menyerbu’ Android Market sejak Apple memperkenalkan fitur inovatif tersebut.

Dilansir PC World, Senin (2/1/2012), aplikasi ‘Siri’ ini dibuat oleh perusahaan bernama Official Software yang muncul pada Jumat lalu dan segera ditarik oleh Google beberapa jam setelah kemunculannya. Selain itu, tampaknya Official Software telah melakukan sejumlah hal yang dianggap janggal, sehingga kabarnya semua aplikasi dari perusahaan perangkat lunak tersebut juga ikut ditarik. Bahkan Google sepertinya juga telah menarik akun pembuat software itu, yang memungkinkannya menjual program di outlet.

Beberapa kejanggalan yang dilakukan Official Software, seperti menggunakan ikon Siri milik Apple untuk aplikasi Android. Tidak hanya itu, tapi juga menggunakan kata ‘official’ untuk membuat tampilannya benar-benar mirip dengan kloningan aplikasi dari Apple.

Kejadian ini membuktikan, bahwa Siri benar-benar berhasil menarik perhatian. Seorang pengembang Prancis bahkan telah menemukan cara untuk memasuki server Apple dan membuat perangkat lunak berjalan pada platform ponsel yang lain untuk menduplikasi kemampuan Siri. Meskipun legalitas dari langkah tersebut masih diragukan.

Sebuah pencarian untuk ‘Siri’ pada Android Market oleh PC World mengungkapkan 131 hits, namun hanya beberapa diantaranya yang telah diunduh lebih dari 10 ribu kali. Diantaranya yaitu, Vlingo Virtual Assistant (32,328), Iris (20,309), Skyvi (19,444) dan Speaktoit Assistant (11,600).


Sumber : www.okezone.com
Previous
Next Post »